ME

ME

Label

Rabu, 02 September 2009

dampak teori evolusi terhadap kehidupan

DAMPAK TEORI EVOLUSI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat

Mengikuti Karya Tulis Ilmiah

Oleh:

JIHANULLOH AKBAR R

SMA PLUS MUALLIMIN PESANTREN PERSATUAN ISLAM 182

RAJAPOLAH KABUPATEN TASIKMALAYA

1430 H/2009 M




BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Semua orang di dunia yang pernah mersakan bangku sekolah atau hanya mengetahui lewat buku pelajaran, artikel, majalah, dan lainnya. Pasti pernah mendengar yang namanya Teori Evolusi, yaitu suatu teori yang berkaitan dengan ilmu kehidupan. Pencetus teori tersebut adalah Charles Robert Darwin seorang Naturalis amatir dari Inggris di pertengahan abad ke-19.

Kebanyakan masyarakat mungkin hanya mengenal Teori Evolusi sebagai salah satu dari konsep biologi dan merupakan ilmu pengetahuan netral yang tidak memberikan pengaruh apapun terhadap keseharian kehidupan manusia. Padahal yang terkandung dalam teori tersebut lebih dari sekedar konsep biologi, karena yang diajarkan dalam teori tersebut memberikan pengaruh terhadap pemikiran-pemikiran yang muncul setelah adanya teori tersebut. Kita pasti pernah mendengar yang namanya Materialisme, Marxisme, dan Rasisme. Itu adalah segelintir pemikiran dari adanya Teori Evolusi, dan dari pemikiran-pemikiran tersebut muncul berbabagai faham dan gerakan-gerakan seperti: komunis, nasionalis, fasis, sampai faham-faham yang tidak bermoral timbul dari adanya teori tersebut.

Dari penuturan diatas penulis meyakini bahwa teori tersebut mendatangkan sisi negative yang dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari umat manusia. Karena secara di sengaja atau tidak teori tersebut telah memberikan pengaruh dan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan manusia, salah satu dampak yang telah terjadi adalah dengan telah terjadinya Perang Dunia diawal abad ke-20, menurut seorang Intelektual Muslim bernama HARUN YAHYA ia mengatakan ,”Perang dunia terjadi bukan diawali dari barak-barak militer yang saling bersaing dalam persenjataan melainkan dari bangku sekolah”. Dan seperti yang kita ketahui sekarang ini Teori Evolusi masih diajarkan di bangku sekolah maka ini juga akan mendatangkan pengaruh yang besar seandainya tidak diberikan klarifikasi atas teori tersebut oleh guru yang mengajarkan.

Oleh sebab itu Karya tulis ini disusun berangkat dari adanya sebab akibat pengaruh Teori Evolusi tersebut karena ternyata memberikan dampak dan pengaruh yang cukup besar terhadap kehidupan sehari-hari kita sebagai umat manusia. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan sebuah pemaparan informasi tentang teori tersebut dan apa dampak yang disebabkan oleh pengaruh dari adanya teori tersebut dengan membuat sebuah karya tulis yang berjudul “DAMPAK TEORI EVOLUSI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA”.

B. Perumusan Masalah

Adapun permasalahan yang penulis rumuskan adalah sebagai berikut :

  1. Apa Teori Evolusi itu ?
  2. Bagaimana dampak Teori Evolusi terhadap kehidupan manusia ?
  3. Bagaimana pandangan Islam terhadap Teori Evolusi ?

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian (Signifikasi Penelitian)

a. Tujuan Penelitian

adapun yang menjadi tujuan yang menjadi tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui apa itu Teori Evolusi, dan apa yang terkandung dalam Teori Evolusi.
  2. Untuk mengetahui dampak dari adanya Teori Evolusi terhadap kehidupan manusia.

b. Kegunaan Penulisan

Penulisan ini menjadi penting mengingat :

  1. Banyaknya dampak-dampak negative yang disebabkan oleh Teori Evolusi terhadap kehidupan manusia.
  2. Banyaknya masyarakat pada umumnya hanya menganggap Teori Evolusi sebagai ilmu pengetahuan netral yang menjadi salah satu pelajaran yang diajarkan pada mata pelajaran Biologi yang tidak memberikan dampak apapun terhadap kehidupan manusia.

D. Metode Penelitian Dan Penulisan

a. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kepustakaan (Library Research) dengan memakai sumber-sumber sebagai berikut :

  1. Sumber primer, yaitu buku yang berkaitan langsung dengan judul penulisan karya tulis ini.
  2. Sumber sekunder, yaitu buku-buku dan artikel yang berkaitan dengan judul karya tulis ini.

b. Metode Penulisan

Metode dalam penulisan karya tulis ini adalah Deskripsi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar